BidVertiser

1 April 2014

PREVIEW LIGA CHAMPIONS UEFA: MADRID vs DORTMUND, KAMIS, 3 APRIL 2014



Real Madrid dan Borussia Dortmund berjumpa empat kali musim lalu. Saat itu, wakil Jerman ini jumawa untuk masuk ke semifinal.

Laga kedua tim sebelumnya

Kedua kubu bertemu empat kali pada musim 2012/13, Dortmund unggul 2-1 di kandang dalam penyisihan grup. Gol Robert Lewandowski dan Marcel Schmelzer hanya mampu dibalas Cristiano Ronaldo. Di Spanyol, Dortmund leading dahulu 2-0 berkat gol Marco Reus dan  Álvaro Arbeloa (gol bunuh diri), kemudian Madrid membalas lewat kaki Pepe dan Mesut Özil. Tim asal Jerman ini akhirnya memuncaki grup dengan selisih 3 poin di atas Madrid. 


Reuni terjadi di semifinal dan Dortmund menang lagi di Jerman, skor 4-1. Lewandowski mencetak 4 gol pada leg pertama. Di Berneabue, gol menjelang akhir laga dari Karim Benzema (83) dan Sergio Ramos (88) membuat Madrid menang 2-0, meskipun demikian Dortmund yang lolos ke final di Wembley.

Lineup laga semi-final di Bernabéu pada 30 April 2013:
Madrid: López, Essien, Varane, Ramos, Coentrão (Kaká 57), Ronaldo, Özil, Alonso (Khedira 67), Modrić, Higuaín (Benzema 57), Di María.
Dortmund: Weidenfeller, Piszczek, Subotić, Hummels, Schmelzer, Błaszczykowski, Bender (Felipe Santana 90+1), Gündoğan, Götze (Grosskreutz 14), Reus, Lewandowski (Kehl 87).
Kemenangan 2-0 atas Dortmund oleh gol Fernando Morientes and Christian Karembeu pada leg pertama semifinal 1997/98, musim saat Madrid juara mengalahkan Juventus 1-0, bisa menjadi inspirasi bagi tim arahan Carlo Ancelotti.
Skuat lengkap di Madrid pada 1 April 1998:
Madrid: Illgner, Panucci, Sanchís, Sanz, Roberto Carlos, Karembeu, Redondo, Seedorf, Mijatović (Šuker 51), Raúl, Morientes (Jaime 88).
Dortmund: Klos, Julio César, Binz, Kree, Reuter, Freund, But, Reinhardt, Ricken (Zorc 81), Chapuisat, Herrlich (Decheiver 47).
Saat itu, Direktur Olahraga Dortmund sekarang Michael Zorc dan Koordinator Tim Muda Lars Ricken bermain.

Madrid pernah mengatasi Dortmund lagi di kandang pada penyisihan grup kedua 2002/03 dengan skor 2-1, melalui gol Raúl González dan Ronaldo yang dibalas Jan Koller. Enam hari berselang, Koller mencetak skor lagi namun gol Javier Portillo pada waktu tambahan membuat kedudukan 1-1. Madrid lolos menempati posisi kedua grup terpaut 1 poin di belakang Dortmund.
Pada laga musim 2002/03 itu, Sebastian Kehl dan kiper cadangan  Roman Weidenfeller bermain bagi Dortmund and Iker Casillas membela Madrid.

Catatan lain:
Ini adalah untuk keempat kalinya secara berurutan bagi Madrid, sang juara Liga Champions 9 kali, masuk 8 besar Liga Champions. Mereka selalu gagal di semifinal pada 3 musim sebelumnya.
Rekor Madrid jumpa tamu asal Jerman menang 19, seri 4, dan kalah 2. Bayern, yang menang pada 2000 dan 2001, merupakan satu-satunya tim Bundesliga yang pernah menjungkalkan mereka di Bernabéu. Rekor kandang-tandang Madrid melawan tim Jerman pada babak perempatfinal kompetisi Eropa adalah unggul agregat 12 dan kalah agregat 8.
Rekor keseluruhan Dortmund di Spanyol adalah menang 1, seri 4 dan kalah 6. Satu-satunya kemenangan adalah saat unggul 1-0 atas Club Atlético de Madrid pada penyishan grup Liga Champions 1996/97, musim yang berakhir untuk kejayaan mereka mengangkat trofi satu-satunya di kompetisi ini. Rekor agregat mereka melawan tim asal Spanyol pada babak knock out adalah menang 5 dan kalah 2.

Pada babak 16 besar, Madrid menjadi tim pertama yang mencetak 6 gol away pada babak gugur Liga Champions, menang di laga awal atas Schalke 04 6-1. Di Bernebeu, mereka menang lagi 3-1. Di laga ini Ronaldo mencatatkan gol ke 13-nya dalam 1 musim kompetisi ini.  Ini adalah rekor gol semusim yang juga pernah dibukukan oleh José Altafini (1962/63) dan Lionel Messi (2011/12).
Ronaldo mengoleksi 9 gol pada penyisihan grup – sebuah rekor baru kompetisi ini–  Madrid selalu menang di kandang masing-masing atas FC København (4-0), Juventus (2-1) dan Galatasaray AŞ (4-1). Kemenangan kedua atas Schalke membuat Madrid menang 6 kali di Liga Champions musim ini, dengan torehan 18 goal atas ketiga lawannya itu.
Perempatfinal musim lalu, Madrid memukul Galatasaray 3-0 berkat gol Ronaldo, Benzema dan Gonzalo Higuaín. Kekalahan 3-2 di tandang, tidak bisa mencegah Madrid untuk lolos menuju semifinal ke-24 mereka.

Ancelotti telah 4 kali meraih trofi kompetisi ini baik ketika manjadi pman dan pelatih. Rekor knockoutnya atas wakil Jerman sebagai pemain dan pelatih adalah menang 5 draw 1 dan kalah 4.

Dortmund lolos kedua kalinya berurutan ke perempatfinal setelah unggul agregat 5-4 atas FC Zenit, menang  4-2 di tandang dan tetap lolos meski kalah 2-1 di markas sendiri. 

Pada penyisihan grup, tim arahan Jürgen Klopp ini kalah 2-1dari tim tuan rumah Napoli pada partai pembuka Grup F  tetapi di dua laga tandang berikutnya, bisa menang dengan skor yang sama masing-masing atas Arsenal FC dan Olympique de Marseille. Total mereka telah menang 3 kali dari 4 laga lawatannya di kompetisi musim ini. 

Pada quarterfinal musim lalu, pada leg kedua di kandang, Dortmund menang 3-2 atas Malága setelah bermain imbang tanpa gol di leg pertama. Saat itu gelandang Madrid Isco pernah bermain di kedua laga membela tim Spanyol.



Skorsing           R. Lewandowski (Dortmund)

Daftar Pemain Cedera  
Cedera lutut - Arbeloa (Real Madrid)
Cedera lutut - Jesé (Real Madrid)
Cedera lutut - Khedira (Real Madrid)
Cedera telapak kaki - Bandowski (Dortmund)
Cedera kunci paha - Bender (Dortmund)
Cedera Lutut - Błaszczykowski (Dortmund)
Tak diketahui - Gündoğan (Dortmund)
Cedera kunci paha - Schmelzer (Dortmund)
Cedera lutut - Subotić (Dortmund)

Statistik kedua tim di turnamen musim ini
Real Madrid-Dortmund
Gol                                          29-16  
Posesi bola (%)                      54-49              
Total tembakan                     135-115
Tembakan tepat sasaran      80-72
Tembakan meleset                55-43
Blok                                        18-14
Tendangan sudut                   39-42
Offside                                    26-20
Kartu kuning                         12-13
Kartu merah                          1-1
Pelanggaran dilakukan         73-135
Dilanggar                                98-107
Total Umpan                          5346-4390
Umpan akurat                            4344-3098


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar